
Beritamerdeka.co.id – Acara pisah sambut kepala kantor kegiatan serah terima jabatan yang bertujuan untuk memberikan apresiasi kepada pejabat lama, menyambut pejabat baru, dan memastikan transisi kepemimpinan yang lancar dalam sebuah instansi.
Acara pisah sambut Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Tegal berlangsung khidmat dan penuh kehangatan.
Menandai berakhirnya masa tugas Sumartono, SH dan dimulainya kepemimpinan baru oleh M. Andi Arifin,SH. Acara pisah sambut berlangsung di Gedung Baru KSOP Tegal pada Jumat 2 Agustus 2025. Acara ditandai dengan suasana kebersamaan, kekeluargaan.
Dalam acara tersebut Plt Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tegal Andi Arifin, SH mengatakan pergantian kepemimpinan ini untuk mengisi kekosongan jabatan Kepala KSOP Tegal yang menjalani masa pensiun.
Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Kementerian Perhubungan memberi mandat kepada saya untuk menggantikan sementara jabatan Kepala KSOP Tegal.”Ujar Andi panggilan akrabnya.
Andi mengatakan atas tugas yang diberikan pimpinan, terutama saya berupaya membangun semangat kekeluargaan dan solidaritas di antara pegawai dan seluruh pihak yang terlibat.
Akan saya prioritaskan pelayanan prima kepada masyarakat memaksimalkan langkah strategis dalam meningkatkan efektivitas dan kualitas pelayanan sektor transportasi laut nasional. “Kata Andi.
Menurutnya profesionalisme menjadi hal yang sangat penting dalam dunia kerja, sikap profesional juga dapat membangun reputasi atau personal branding di mata orang lain semakin baik pasti lingkungan, hususnya di KSOP Tegal menjadi lebih sejahtera dan mendapatkan kepercayaan dari masyarakat.”ungkap Andi dengan penuh semangat.
Ia menambahkan pelayanan prima adalah pemberian layanan terbaik kepada pelanggan dengan fokus pada kepuasan dan kepercayaan, di mana tanggung jawab (akuntabilitas) adalah salah satu prinsip utamanya.
Kami menekankan keseriusan petugas dalam menjalankan tugas dan memenuhi harapan pelanggan melalui sikap, perhatian, dan tindakan yang proaktif.
“Program utama dalam pelayanan prima adalah menciptakan kepuasan pelanggan, membangun kepercayaan publik, serta meningkatkan kualitas layanan secara berkelanjutan melalui sikap ramah, responsif, kompeten, dan transparan, yang bertujuan untuk membentuk citra positif dan loyalitas pelanggan.”Imbuh Andi.
Harapannya semua rekan siap untuk bekerja sama karena akan meningkatkan efektivitas, produktivitas, dan kualitas kerja, serta membangun budaya positif yang saling mendukung dan percaya.
“Kolaborasi yang baik juga akan memudahkan penyelesaian tugas yang lebih ringan dengan pembagian beban kerja, memunculkan ide-ide inovatif melalui berbagai sudut pandang, dan mempererat hubungan antar anggota tim.”Pungkas Andi Arifin. (Zaen)