
BeritaMerdeka.co.id – Di zaman digital seperti sekarang ini, kita dengan mudah mendapatkan penghasilan dengan memanfaatkan media sosial, contohnya seperti Facebook. Facebook sendiri adalah aplikasi untuk menghubungkan semua orang di dunia ini secara daring dengan mudah.
Sekarang facebook selain menjadi penghubung, facebook juga menjadi wadah untuk mencari pendapatan. Dengan meningkatkan ke fitur profesional, kamu sudah bisa mendapatkan uang dari konten yang kamu buat di Facebook.
Cara mengaktifkan fitur professional yaitu kalian buka facebook kemudian klik ikon tiga titik, pilih menu “Turn on professional mode” lalu klik “Turn on” yang nantinya setelah itu kamu akan diminta untuk mengisi beberapa data diri.
Setelah mode profesional aktif, kamu bisa langsung mengunggah gambar, video, reels, hingga siaran langsung. Adapun nantinya pendapatan yang kamu dapatkan berasal monetisasi facebook yang diklafikasikan menjadi beberapa bagian sebagai berikut:
- Bintang
Setiap bintang yang kamu terima, bernilai US$0,01 USD atau sekitar Rp156. Syaratnya konten kamu harus memenuhi standar komunitas, lulus dan tetap mematuhi Kebijakan Monetisasi Mitra dan Kebijakan Monetisasi Konten Facebook, memiliki 500 pengikut setidaknya dalam 30 hari berturut-turut dan berusia minimal 18 tahun.
- Iklan
Iklan di facebook ada dua macam yaitu iklan di video dan iklan di siaran langsung. Berikut penjelasan tentang keduanya:
- Iklan di video
Jika ingin iklan di video muncul kamu harus memiliki 5000 pengikut terlebih dahulu, total 60.000 menit dilihat minimal dalam kurun waktu 60 hari terakhir dan halaman setidaknya memiliki 5 video aktif, video bisa on-demand atau sudah tayang sebelumnya.
- Iklan di siaran langsung
Minimal pengikut yang harus dimiliki adalah 10.000 pengikut kemudian total menit yang ditonton dalam 60 hari terakhir setidaknya 60.000 menit dari total 600.000 menit ditonton dari siaran langsung dan halaman setidakmya memiliki 5 video aktif yang 3 diantaranya adalah video siaran langsung sebelumnya.

Bagi beberapa orang yang sudah bergabung dengan facebook pro, mereka merasa dimudahkan dengan adanya fitur mode profesional ini. Termasuk bagi salah satu konten kreator yang dimudahkan dengan adanya facebook pro.
“Dengan adanya Facebook pro, sangat menguntungkan karena bisa berteman dengan semua orang entah itu dari dalam negeri maupun luar negeri. Selain itu, keuntungan yang utama adalah kita mendapatkan gaji dari Meta setelah memenuhi syarat dan ketentuan.” Ujar Ika Riswanti, konten kreator facebook pro.
Di era digital saat ini, Facebook tidak hanya berfungsi sebagai platform untuk terhubung dengan orang lain, tetapi juga menjadi sarana untuk menghasilkan pendapatan. Dengan mengaktifkan mode profesional, pengguna dapat memonetisasi konten mereka melalui berbagai cara seperti bintang dari penonton, iklan di video, dan siaran langsung. Namun, setiap bentuk monetisasi memiliki syarat tertentu seperti jumlah pengikut dan durasi tontonan. Banyak konten kreator merasa terbantu dengan fitur ini karena selain memperluas jaringan, mereka juga bisa mendapatkan penghasilan dari Meta. Facebook Pro membuka peluang besar bagi siapa saja yang ingin serius menekuni dunia konten digital. ***